Jumat, 20 Mei 2016

7 Hal yang Wajib Diperhatikan sebelum Memulai Usaha Kecil



1. Ide Usaha Harus Unik dan Tidak Pasaran


usaha kecil 1
Temukan ide unik untuk memulai bisnis. (https://vorneto.files.wordpress.com)

Ide usaha yang akan Anda mulai haruslah unik. Jangan memulai usaha yang telah dilakukan oleh orang lain. Dengan memiliki sebuah ide yang unik maka peluang Anda dilirik pembeli sangatlah besar. Pembeli zaman sekarang selalu mencari sesuatu yang unik dan mampu menarik perhatian mereka. Mantapkan ide ini secara matang baru memikirkan hal lainnya. Jika idenya asal-asalan, lebih baik jangan buru-buru memulai usaha.

2. Menentukan Branding yang Tepat

Dalam memulai usaha, branding adalah sesuatu yang sangat penting. Anda harus mendesain logo merek dengan tepat. Bila perlu, Anda juga harus mendesain kemasan jika Anda memiliki ide kuliner. Setelah ide usaha matang, maka perkuat dengan branding agar saat dimulai usaha, semuanya berjalan dengan sangat baik. Mereka adalah satu hal yang akan selalu diingat oleh konsumen hingga nanti akan kembali lagi untuk melakukan pembelian produk.

3. Modal Usaha

Karena ini adalah usaha kecil, maka Anda harus memikirkan dari mana asalnya modal. Coba lakukan perhitungan mengenai berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Dengan mengetahui jumlah modal maka Anda bisa segera mulai mencari dana yang mungkin didapatkan dengan melakukan kredit usaha di bank.

4. Menghitung Peluang Keuntungan yang akan Didapat


usaha kecil 2
Buat perhitungan seberapa keuntungan yang akan didapatkan. (jasaakuntansiyogyakarta.wordpress.com)

Keuntungan adalah sesuatu yang dicari dari setiap usaha yang dilakukan. Sebelum memulai usaha, Anda harus benar-benar tahu berapa modal yang dibutuhkan dan berapa untung yang didapatkan. Terpenting lagi, Anda harus tahu kapan saatnya balik modal dan membayar kredit ke bank yang telah memberikan pinjaman. Dengan memikirkan hal-hal semacam ini maka Anda akan dengan mudah menentukan strategi untuk mengeruk keuntungan yang realistis.

5. Menentukan Target Pembeli

Tentukan target pembeli yang akan disasar oleh produk Anda, misal Anda menjual pakaian distro maka target yang akan ditembak adalah anak muda. Jika Anda menjual kerajinan berupa tas, maka targetnya adalah wanita atau kaum ibu. Tentukan peluang target pasar ini terhadap produk yang akan Anda jual. Jika kemungkinan besar menghasilkan, lanjutkanlah. Namun jika peluangnya sedikit, coba analisis lagi. Bila perlu, ubah ide bisnis dan produknya.

6. Promosi yang Menarik


usaha kecil 3
Promosikan usaha yang dibuat dengan semenarik mungkin. (knowlarity.com)

Lakukan promosi yang menarik. Rancang bagaimana Anda melakukan promosi, baik secara online maupun offline. Buatlah calon pembeli datang karena tertarik dengan apa yang Anda lakukan. Buat mereka jatuh cinta pada produk Anda dan melakukan pembelian. Selalu tonjolkan keunikan dari produk yang diusung.

7. Perhatikan Kualitas Barang yang Anda Jual

Apa pun jenis usaha yang Anda mulai, perhatikanlah selalu kualitasnya. Jangan menjual sesuatu yang menipu pembeli. Jika Anda menjual sesuatu yang tak berkualitas, maka pembeli akan kecewa dan suatu saat akan enggan membeli lagi. Jika Anda menjual barang yang sangat bagus dan berkualitas, maka pembeli akan puas dan Anda akan kebanjiran banyak pesanan. Untung besar pasti Anda dapatkan!
Demikianlah 7 hal yang harus Anda perhatikan ketika memulai usaha kecil. Dari tujuh hal di atas, dapat disimpulkan bahwa memulai usaha tidak bisa tergesa-gesa. Semuanya harus direncanakan secara matang agar didapatkan hasil yang maksimal.
les privat yogyakarta, les privat jogja, les privat sleman, les privat bantul, les privat islami, les privat murah, les privat jogja berkualitas, bimbingan belajar jogja, bimbingan belajar yogyakarta, kursus jogja, bimbel jogja, bimbel yogyakarta, khalifah education, les privat khalifah education, les privat berkualitas, les privat profesional

Les Privat Yogyakarta?
www.khalifaheducation.com
sumber : http://abiummi.com/usaha-kecil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar