Minggu, 22 Mei 2016

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Ketika Mendidik Anak Demi Mendapatkan Anak yang Dirindu Surga






mendidik anak
Ustadz Faridz (sumber: i.ytimg.com)

Jangan Buang Waktu untuk Mendiamkan Anak yang Sedang Menangis



Mendidik anak
tunjuk langit (sumber: stripes.com)

Ketika anakmu menangis, jangan buang waktumu untuk mendiamkannya. “Cup cup cup jangan nangis dong, nak.” Dari pada membujuknya, lebih baik coba tunjuk burung atau awan di atas langit agar ia melihat ke atas, dan anak akan terdiam. Karena menurut ust Farid secara psikologis, saat manusia menangis ia pasti akan menunduk.

Jangan Minta Anak untuk Menghentikan Permainannya



Mendidik anak
Merapikan mainannya. (sumber: kidslovethisstuff.com)

Jika Anda ingin anak-anak menghentikan permainannya, jangan berkata. “Ayo, sudah. Stop mainnya sekarang!” Namun berikanlah mereka tenggat waktu agar mereka dapat lebih menghargai waktu yang mereka miliki. Misal, “Mainnya 5 menit lagi, ya.” Kemudian ingatkan kembali, “dua menit lagi, ya.” Kemudian jika waktunya benar-benar habis barulah katakan pada mereka. “Ayo, waktu main sudah habis.” Dan mereka akan berhenti bermain.

Jangan Peringatkan Anak untuk Tidak Gaduh dan Berisik



Mendidik anak
Sssst, jangan berisik (sumber: i.huffpost.com)

Dari pada meminta mereka diam lebih baik Anda yang bicara dan buat mereka mendengarkan Anda. Misal di sebuah tempat banyak sekumpulan anak-anak yang berisik dan mereka membuat gaduh tempat tersebut. Jangan katakan. “Pssst. Jangan berisik.” Tapi katakanlah, “Ayo siapa yang mau dengar cerita saya, angkat tangannya.” Jika salah seorang mengangkat tangannya, maka beberapa anak lainnya juga akan menyusul. Dan semuanya akan diam mendengarkan Anda.

Jangan Minta Anak Bangun Pagi untuk Bisa Pergi Sekolah Lebih Pagi



mendidik anak
tidak salat subuh dulu (sumber: i.huffpost.com)

Saat menjelang tidur, jangan katakan pada anak. “Ayo tidur, besok kan ke sekolah harus berangkat pagi.” Dengan begitu maka perhatian mereka hanya tertuju pada dunia dan tidak peduli pada kewajiban akhiratnya. Lebih baik katakan pada anak Anda. “Ayo tidur sayang. Besok pagi kita kan harus salat subuh.” Dengan begitu anak akan bangun pagi untuk salat subuh. Ketika perhatiannya kamu alihkan ke salat subuh, maka anak akan tetap bisa berangkat pagi ke sekolah.

Jangan Menjadi Orang Dewasa Ketika Bersama Mereka



mendidik anak
main bersama (sumber: bristolmum.files.wordpress.com)

Waktu kecil mereka akan terasa sangat singkat. Maka nikmati masa-masa kecil mereka, masa-masa lucu dan polosnya mereka yang suatu saat akan menjadi kenangan. Jangan selalu bersikap sebagai orang dewasa di hadapan mereka. Bermainlah, dan jadilah anak kecil saat sedang bermain bersama mereka. Ajarkan kebaikan pada mereka dengan cara yang fun yaitu dengan turut serta bermain.

Tinggalkan HP dan Matikan Televisimu



mendidik anak
Terlalu sibuk dengan gadget (sumber: timedotcom.files.wordpress.com)

Gadget secara tidak sadar akan selalu menyita perhatianmu dari kehidupannya nyata di sekitarmu. Termasuk keberadaan anak-anakmu. Televisi pun begitu, tayangan yang semakin hari kian tidak baik jika dikonsumsi oleh anak, lama-kelamaan akan menjadi “adiksi” bagi para penikmatnya. Maka jika ada teman yang menelepon ketika kamu sedang ingin memiliki quality time dengan anak-anakmu. Angkat teleponnya dan katakan. “Maaf say, saat ini saya sedang sibuk mendampingi anak-anak. Nanti saya telepon kembali ketika mereka sudah tidur.” Hal ini tidak akan membuat wibawamu jatuh. Orang yang bijaksana akan tahu bagaimana membuat segala sesuatunya menjadi seimbang. Persahabatnnya tidak rusak, pendidikan anak pun tidak terbengkalai.

Jangan Hanya Mengasuh Tapi Juga Mendoakan Mereka



mendidik anak
anak-anak muslim (sumber: i.huffpost.com)

Apa pun upaya yang telah Anda lakukan, tetap harus dipasrahkan. Jadi, jangan hanya fokus pada pola asuh yang baik dan benar kepada anak saja. Tapi sertakan pula doa kepada Allah, agar kiranya Allah ridha menjadikan hambanya yang masih kecil-kecil itu menjadi perhiasan yang menyenangkan bagimu baik di dunia maupun yang akan menjadi penyelamatmu di akhirat kelak.
les privat yogyakarta, les privat jogja, les privat sleman, les privat bantul, les privat islami, les privat murah, les privat jogja berkualitas, bimbingan belajar jogja, bimbingan belajar yogyakarta, kursus jogja, bimbel jogja, bimbel yogyakarta, khalifah education, les privat khalifah education, les privat berkualitas, les privat profesional

Les Privat Yogyakarta?
www.khalifaheducation.com
sumber:http://abiummi.com/jangan-lakukan-7-hal-ini-ketika-mendidik-anak-demi-mendapatkan-anak-yang-dirindu-surga/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar