Rabu, 18 Mei 2016

Ketika Anak “Bermain Peran” seperti Apa yang Dilihatnya




Saat anak memasuki tahap perkembangan 2 tahun merupakan masa dimana abi dan kita harus benar-benar sabar memperhatikan dan mengawasinya. Anak senang melompat-lompat, melangkah maju dan mundur tanpa ragu, memanjat kursi, dan mencoba meraih dan menarik barang. Kemampuannya berbahasa, berpikir, dan berkonsentrasi sudah mulai terlihat. Banyak sekali kemampuan anak yang mulai terlihat di usia ini, salah satunya adalah bermain peran.

Daya Khayal dan Imajinasi saat Ia Bermain Peran


perkembangan anak 2 tahun 1
Daya khayalnya mengikuti tokoh yang dilihatnya. (supermommy.com.sg)
Memasuki usia 2 tahun anak mulai mengembangkan fantasi dan imajinasinya melalui peran yang coba anak tiru. Saat anak bermain peran biasanya mereka menggunakan mainan atau barang-barang yang sering dilihat dan dipakai oleh orang tuanya. Pada tahap ini anak senang mengeksplorasi dan mencoba semua hal.
Perkembangan anak 2 tahun lainnya yang menarik adalah ketika anak mulai menyadari adanya perbedaan penampilan antara dirinya dengan orang dewasa. Ia juga mampu menggunakan mainan menjadi perwakilan objek yang sebenarnya. Beberapa contoh anak sedang bermain peran dan mengembangkan imajinasinya:
  • Saat anak bermain dengan mainannya ia seperti sedang membuat cerita ada tokoh yang ia buat sendiri,
  • Saat bermain balok-balok kayu, ia mengibaratkan balok mainan tersebut menjadi mobil-mobilan, dan pesawat terbang,
  • Bergaya mengikuti tokoh kartun kesukaannya,
  • Menggunakan kerudung dan berdandan seolah-olah menjadi umminya,
  • dsb.
Di saat itulah anak sedang mengkesplorasi daya khayalnya. Daya khayal seorang anak penting bagi tahap perkembangannya. Saat anak bermain peran seolah-olah menjadi merupakan kesempatan belajar mengembangkan keterampilan berbahasa, mengamati, dan berpikir. Anak mulai mengenal dan mempelajari peran yang ada dalam kehidupan.

Hal yang Harus di Perhatikan Orang Tua pada Perkembangan Anak 2 Tahun


perkembangan anak 2 tahun 2

Menghadapi perkembangan anak 2 tahun orang tua harus ekstra memperhatikannya karena anak semakin aktif dan mulai belajar mengekspresikan emosinya. Menanggapi emosi anak saat marah dan menangis sebaiknya beri tahu ataupun menasehati dengan bahasa dan cara yang mudah dipahami oleh anak. Ajak ia bermain permainan kreatif yang bisa memberikan kesempatan untuk mengekspresikan perasaan dan pikirannya.
Banyak jenis-jenis mainan ataupun permainan kreatif, salah satu permainan sederhana yang bisa dicoba adalah mendongengkan cerita bisa dengan tokoh-tokoh dari jari-jari tangan yang digambari karakter wajah. Ajak ia untuk terlibat saat Sahabat Abi Ummi mendongeng, misalnya buat pertanyaan yang muncul dari ibu jari, “Halo, nama kamu siapa?” Teknik mendongeng dengan bantuan media selain menyenangkan juga dapat membantu keterampilan berbahasa dan membantu mengembangkan imajinasi.
Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah pada tahap perkembangan anak 2 tahun, anak senang meniru apa yang ia lihat dan dengar. Jadi orang tua harus sangat hati-hati dengan segala ucapan dan kebiasaan. Jangan perlihatkan hal-hal buruk di depan anak dan awasi lingkungan sekitarnya.
Demikian pembahasan singkat mengenai tahap perkembangan anak 2 tahun. Dengan mengetahui tahap perkembangannya diharapkan Sahabat Abi Ummi bisa mulai mengajarkan hal-hal baru yang berguna untuk perkembangannya selanjutnya. Semoga suatu saat nanti, anak-anak kita akan menjadi anak yang kreatif dan mampu mengaktualisasikan idenya.

les privat yogyakarta, les privat jogja, les privat sleman, les privat bantul, les privat islami, les privat murah, les privat jogja berkualitas, bimbingan belajar jogja, bimbingan belajar yogyakarta, kursus jogja

Les Privat Yogyakarta?
www.khalifaheducation.com
sumber : http://abiummi.com/ketika-anak-bermain-peran-seperti-apa-yang-dilihatnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar