Sabtu, 21 Mei 2016

Metode Mendidik Anak Berpuasa ala Sahabat Nabi




Para sahabat Nabi pun telah melakukan hal ini sejak masa silam, mereka mendidik anak-anak mereka untuk berpuasa sejak dini dengan berbagai metode. Salah satu metodenya akan diceritakan pada hadis berikut ini. Yuk, kita lihat bagaimana metode yang mereka gunakan untuk mendidik anak berpuasa!
Dari Ar Rubayyi’ binti Mu’awwidz, ia berkata,
عَنِ الرُّبَيِّعِ بِنْتِ مُعَوِّذٍ قَالَتْ أَرْسَلَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – غَدَاةَ عَاشُورَاءَ إِلَى قُرَى الأَنْصَارِ « مَنْ أَصْبَحَ مُفْطِرًا فَلْيُتِمَّ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ ، وَمَنْ أَصْبَحَ صَائِمًا فَلْيَصُمْ »  قَالَتْ فَكُنَّا نَصُومُهُ بَعْدُ ، وَنُصَوِّمُ صِبْيَانَنَا ، وَنَجْعَلُ لَهُمُ اللُّعْبَةَ مِنَ الْعِهْنِ ، فَإِذَا بَكَى أَحَدُهُمْ عَلَى الطَّعَامِ أَعْطَيْنَاهُ ذَاكَ ، حَتَّى يَكُونَ عِنْدَ الإِفْطَارِ
Dari Ar Rubayyi’ binti Mu’awwidz, ia berkata, “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengutus seseorang ke salah satu suku Anshar di pagi hari Asyura, beliau bersabda, ‘Siapa yang di pagi hari dalam keadaan tidak berpuasa, hendaklah ia berpuasa. Siapa yang di pagi harinya berpuasa, hendaklah berpuasa.’” Ar Rubayyi’ mengatakan, “Kami berpuasa setelah itu. Lalu anak-anak kami pun turut berpuasa. Kami sengaja membuatkan mereka mainan dari bulu. Jika salah seorang dari mereka menangis, merengek-rengek minta makan, kami memberi mainan padanya. Akhirnya pun mereka bisa turut berpuasa hingga waktu berbuka,” (H.R. Bukhari dan Muslim).
Melihat hadis di atas, ada beberapa metode pendidikan yang dapat kita pelajari dan kita jadikan contoh dalam mendidik anak berpuasa. Apa saja itu? Berikut ini pembahasannya.

1. Mendidik Sejak Kecil



Mendidik Sejak Kecil
Mendidik anak sejak kecil. (https://hijapedia.com)

Para sahabat Nabi sudah mendidik anak berpuasa sejak anak mereka masih kecil, begitu pula dengan ibadah lainnya. Meskipun para sahabat mengetahui bahwa anak kecil belum di kenakan kewajiban ibadah sampai mereka dewasa/balig. Namun, untuk pendidikan mereka tetap mendidik anak berpuasa sejak dini. Hal ini dilakukan agar anak terbiasa sejak kecil sehingga kelak ketika kewajiban ibadah sudah dikenakan kepada mereka setelah balig, mereka akan mudah melakukannya.

2. Memberikan Teladan

Dalam mendidik anak berpuasa, bisa dilihat bahwa sahabat Nabi memberikan teladan atau contoh berpuasa terlebih dahulu kepada anak mereka, dengan demikian anak mereka akan mudah mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh orang tuanya. Ini berarti, keteladanan sikap dari orang tua itu memang sangat berpengaruh dan diperlukan oleh anak.

3. Memberikan Hiburan atau Hadiah

Ketika anak sahabat Nabi menangis dan merengek ingin berbuka puasa, sahabat Nabi memberikan mainan kepada anak mereka sebagai media hiburan anak selama berpuasa, sehingga mereka akan lupa dengan permintaannnya untuk makan dan minum dan melanjutkan puasanya hingga penuh. Ini juga salah satu metode sahabat Nabi dalam mendidik anak berpuasa yang mereka terapkan. Selain itu, para orang tua juga dapat memberikan hadiah kepada anak yang berpuasa sebagai penghargaan kepada mereka agar mereka termotivasi untuk puasa.

4. Mengajarkan Ketaatan kepada Allah Sedari Dini

Berdasarkan hadis di atas, sahabat Nabi mendidik anak berpuasa sejak kecil. Ini berarti mereka telah mendidik dan mengajarkan ketaatan kepada Allah sedari dini, membiasakan anak untuk konsekuen melakukan ibadah kepada Allah serta menanamkan kecintaan kepada Allah sedari dini. Tentu hal ini patut Abi dan Ummi contoh dalam mendidik anak.
Inilah metode mendidik anak berpuasa ala sahabat Nabi yang dapat Abi dan Ummi contoh. Mendidik anak berpuasa itu memang membutuhkan proses dan kesabaran, terlebih jika mendidik anak dilakukan sejak mereka masih kecil. Namun, yakinlah bahwa Allah akan membalas segala kesulitan dan keletihan dalam mendidik anak dengan pahala yang berlimpah.
les privat yogyakarta, les privat jogja, les privat sleman, les privat bantul, les privat islami, les privat murah, les privat jogja berkualitas, bimbingan belajar jogja, bimbingan belajar yogyakarta, kursus jogja, bimbel jogja, bimbel yogyakarta, khalifah education, les privat khalifah education, les privat berkualitas, les privat profesional

Les Privat Yogyakarta?
www.khalifaheducation.com
sumber : http://abiummi.com/metode-mendidik-anak-berpuasa-ala-sahabat-nabi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar